Rabu, 19 Mei 2010

Peluncuran Novel Saatirah Karya Niknik M. Kuntarto


PRESS RELEASE
For immediate Release

Peluncuran Buku & Seminar Jurnalistik dan Sastra

SERPONG (5 Mei 2010) – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) akan menggelar acara peluncuran novel Saatirah karya Niknik M. Kuntarto dan buku Creative Writing dan Literary Journalism karya R. Masri Sareb Putra. Acara yang akan digelar pada 10 Mei 2010, pukul 15.30-18.00, di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, ini dikemas dalam seminar bertajuk “Jurnalistik dan Sastra: Proses Kreatif Penulisan, Penerbitan, dan Peluncuran Buku.”

Hadir sebagai pembicara dalam seminar di acara peluncuran ini adalah Ahmadun Yosi Herfanda (Ketua Komunitas Sastra Indonesia) yang akan membawakan topik “Jurnalistik dan Sastra”; A. Ariobimo Nusantara (Editor Penerbit Grasindo) yang memaparkan tips tentang “How to Deal with the Publisher”; lalu Helvy Tiana Rosa (Tokoh Perempuan Indonesia/Novelis) akan mengulas tema “Proses Kreatif Seorang Penulis.”

Pada akhir seminar bakal digelar peluncuran novel Saatirah karya Niknik M. Kuntarto. Novel perdana dosen Ilmu Komunikasi-UMN ini merupakan sebuah cerita feminin dengan tema amat domestik, mirip Mira W, namun dengan gaya bahasa lebih berpuitis. Plus, ada budaya Sunda yang amat kental menjadi latar cerita ini, dari paribasa (peribahasa) yang diyakini masyarakat Sunda sampai istilah-istilah Sunda.

“Niknik M. Kuntarto berhasil menggambarkannya lewat bahasa yang lembut, menyentuh, indah, dan hidup. Terasa ada kesenduhan dalam berkisah, tapi justru itulah daya tariknya,” ujar N. Riantiarno, Pimpinan Sanggar Teater Koma, mengomentari buku ini.

Selain novel, dalam kesempatan ini diluncurkan pula dua buku karya Dosen Ilmu Komunikasi Masri R. Sareb Putra, yaitu Literary Journalism-Jurnalistik Sastrawi dan Principles of Creative Writing. Dua buku ini merupakan rujukan bagi mahasiswa atau siapa saja yang ingin mengetahui dan belajar seluk beluk jurnalistik sastrawi dan teknik menulis kreatif.



***

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) didirikan pada tanggal 25 November 2005 dan operasionalnya secara resmi dikelola oleh Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku, hotel dan jasa pendidikan. UMN merupakan sebuah perguruan tinggi terkemuka dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar dalam setiap proses belajar mengajar. UMN disasarkan menjadi inspirasi bagi hadirnya paradigma pendidikan baru bagi kaum muda Indonesia sehingga mampu menghasilkan lulusan berkompetensi tinggi dan berjiwa wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship).

-----

0 komentar: