Selasa, 26 Januari 2010

Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan




Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd.,M.Hum.
Semalam saya memulai kuliah Bahasa Indonesia dengan penayangan video "Tanah Air Indonesia". Lampu kelas saya padamkan. Yang ada hanya cahaya remang-remang yang berasal dari cahaya tayangan video. Mahasiswa saya suguhi tentang keindahan alam Indonesia. Setelah penayangan, lampu masih belum saya nyalakan, saya memberikan kata-kata bijak yang memotivasi mereka agar bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Saya katakan....
"Mahasiswa yang saya cintai...
Baru saja Anda lihat sebuah tayangan tentang Indonesia, apakah Anda bangga menjadi bagian dari bangsa ini? Jangan Anda jawab pertanyaan ini, cukup di dalam hati.

Sadarkah Anda bahwa kita akan lebih menyayangi sesuatu bila sesuatu itu akan hilang dari kita. Kita akan lebih mencintai pasangan kita, bila kita sadar bahwa sebentar lagi ia akan meninggalkan kita. Kita pun akan lebih menghargai dan menghormati orang tua saat kita lihat orang tua kita sakit. Kita khawatir akan kehilangan mereka....

Mahasiswa yang saya banggakan....
Mengapa tiba-tiba kita begitu menghargai batik? Berbondong-bondong orang membeli batik. Membuat peraturan memakai baju batik saat hari-hari kerja tertentu. Mengampanyekan batik. Kita lebih mencintai batik.

Ya, kita melakukan semua itu karena kita tahu, kita sadar, kita takut, batik sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia akan diakui sebagai budaya Malaysia.

Nah, sekarang, pertanyaannya adalah... Kapan kita akan mencintai bahasa Indonesia? Apakah rasa itu akan kita kembangkan setelah negara lain mengakui bahwa bahasa kita adalah bahasa negara lain? Apakah kita akan menunggu saat-saat negara lain mencuri bahasa Indonesia, lalu kita tergopoh-gopoh mencintai bahasa Indonesia?

Tentu tidak.

Nah, malam ini, mari kita sama-sama belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai wujud kebanggaan kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Horeeeeeee!!!!!! Semua mahasiswa bertepuk tangan dan bersemangat belajar bahasa Indonesia!!!

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat.

0 komentar: