Minggu, 31 Januari 2010

Kuis Bintang-Bintang: Diferensiasi Perkuliahan Bahasa Indonesia yang Menarik




Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.

Dua hari yang lalu, pada 30 -31 Januari 2010, di Rumah Jambuluwuk, Tapos, Bogor, hawa dingin menusuk tubuhku, tetapi kehangatan suasana di pegunungan itu telah mengalahkan hawa dingin. Ada kenikmatan luar biasa yang kurasakan. dalam suasana yang harmonis, aku berhasil mendapatkan kesempatan itu, kesempatan untuk menyampaikan buah pikiranku melalui presentasiku dalam "Semiloka Kurikulum Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris "yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa, Lembaga Budaya, Universitas Trisakti.Kupaparkan...

Dulu, jika akan mengajar, seorang dosen selalu berpikir, apa yang akan saya ajarkan besok pada mahasiswa. Akibatnya, dosen menjadi terbebani dengan tugas rutin yang membosankan. Dosen pun tak semangat mengajar. Mahasiswa pun terkena imbasnya.Tak ada seberkas cahaya yang menyinari semangat belajar mahasiswa.

Kini, paradigma sudah berubah, bila dosen akan mengajar, ia harus berpikir, apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa esok saat mengajar? Mau belajar apa mahasiswa esok. Dengan demikian, tugas seorang dosen adalah sebagai sutradara, mahasiswalah peran utamanya..

Bagaimanakah cara menjadi sutradara yang baik? Berikanlah hiburan. Seorang Ki Hajar Dewantara pernah berkata, "Ajarkanlah sesuatu dengan bermain."Maksudnya adalah kita dianjurkan untuk belajar sambil bermain agar kita menjadi manusia yang asah, asih, dan asuh. Dalam bermain akan ada keceriaan, keakraban, kerja sama, dan membuat kita lebih semangat hidup.

Demikian pula, saat kita mengajarkan mata kuliah Bahasa Indonesia kepada mahasiswa. Ajarkanlah bahasa Indonesia dengan menarik dan menyenangkan,dengan metode hibur.
Bagaimanakah caranya? Terapkanlah Kuis Bintang-Bintang....! Hubungi saya di
niek2x@yahoo.co.id

Terima kasih Pak Sutan, Bu Hanny, Bu Agustine, Pak OT, Bu Maria, Bu Poppi, Pak Tato, dll..... Terima kasih Trisakti, Bahasa Indonesia Menjadi Eksis di Negeri Sendiri.

0 komentar: